Selasa, 31 Juli 2018

UPS Berdasarkan Bentuk Gelombangnya

UPS BERDASARKAN BENTUK GELOMBANGNYA

UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah peralatan yang berfungsi  memberikan cadangan listrik jika sumber energi listrik utama mati. Sangat penting mengetahui bentuk gelombang yang dihasilkan oleh UPS sebelum memilihnya, karena akan mempengaruhi kinerja dari beban yang dihubungkan dengan UPS.

A. BENTUK GELOMBANG UPS.
UPS berdasarkan bentuk gelombangnya dibagi menjadi 2 yaitu  UPS bentuk gelombang Sinwave dan Step-Square Wave {Modified Sinwave}.

1. UPS Sinwave.
UPS jenis ini mempunyai bentuk gelombang yang sama dengan bentuk gelombang listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik atau genset. Bentuk gelombang sinwave merupakan bentuk gelombang yang terbaik bagi peralatan elektronik, karena peralatan elektronika dirancang untuk dapat bekerja baik dengan bentuk gelombang sinwave. Berikut ini gambar bentuk gelombang sinwave.

Gambar. Bentuk Gelombang Sinwave.

UPS jenis ini memiliki kelebihan pada waktu sumber energi listrik utama mati, maka secara otomatis UPS akan bekerja dengan waktu sakelar {switch} nol detik. Pada kondisi sumber listrik utama hidup atau mati sumber energi listrik ke beban tetap didapat dari inverter/baterai. Di bagian inverter energi listrik dari PLN yang bentuk semula AC diubah menjadi DC, kemudian dari DC diubah lagi menjadi AC. Dengan 2 kali konversi UPS ini mempunyai keuntungan energy listrik dari PLN disaring/filter sehingga terbebas dari gangguan.
Saat outputnya diukur dengan Mulitimeter Biasa dan dibandingankan dengan hasil pengukuran dengan Multimeter dengan fasilitas TRUE RMS VOLTMETER akan mendapatkan nilai sama.

 2. UPS Step - Square Wave/Modified Sinwave


UPS jenis ini mempunyai bentuk gelombang Step – Square Wave atau Modified Sinwave. Pada umumnya output UPS jenis Offline dan Line Interaktive berbentuk gelombang ini. Bentuk gelombang ini kadangkala membuat peralatan elektronik menjadi lebih panas {stress} sehingga peralatan elektronik cepat rusak Berikut ini gambar bentuk gelombang Step-Square Wave atau Modified Sinwave.



Gambar. Bentuk Gelombang Step – Square / Modified Sinwave.

UPS jenis ini pada waktu sumber energi listrik hidup utama, maka energi listrik dari sumber energi utama akan diteruskan langsung ke beban. Jika sumber energi listrik utama mati, maka sakelar {switch} akan berpindah dan atau baterai atau inverter akan bekerja menyalurkan energi listrik cadangan kebeban tetapi ada jeda waktu pindah 3 – 4 milidetik atau 0.004 detik.
Saat outputnya diukur dengan Multimeter biasa tanpa fasilitas TRUE RMS VOLTMETER hasilnya akan lebih rendah {misal 185 Volt} dibandingkan jika diukur Multimeter dengan fasilitas TRUE RMS VOLTMETER {misal 220 Volt}.

B. CARA MENGETAHUI BENTUK GELOMBANG UPS
Untuk mengetahui bentuk gelombang output UPS dengan pasti dapat menggunakan alat ukur gelombang yaitu Oscilloscope. Selain dengan oscilloscope dapat juga dengan lampu TL, UPS dihubungkan lampu TL kemudian  matikan atau cabut kabel power dari stop kontak. Jika lampu TL normal dan tidak berdengung output UPS berbentuk gelombang Sinusoida, tetapi jika lampu TL kedip-kedip dan berdengung UPS outputnya berbentuk gelombang Step-Square Wave/Modified Sinwave.
Dengan mengetahui bentuk gelombang output UPS, maka dapat memilih UPS tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan atau penggunaannya dan dana/budget yang tersedia. 

1 komentar: