Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Kapasitor

KAPASITOR

Salah satu komponen elektronika yang berperan penting dalam suatu rangkaian elektronik adalah kapasitor. Kapasitor biasa juga disebut kondensator jika dilihat sekilas terlihat sama seperti baterai,tetapi kapasitor bekerja dengan cara berbeda dengan baterai. Jika baterai memiliki reaksi kimia yang menghasilkan elektron pada suatu elektroda sementara kapasitor tidak, kapasitor tidak dapat menghasilkan elektron hanya dapat menyimpan muatan saja. 

A. PENGERTIAN KAPASITOR.
Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik di dalam medan listrik dalam waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor dilambangkan dengan huruf “ C “ dengan satuan Farad {F}. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor.
 
Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor. 

Ada 2 simbol kapasitor yaitu kapasitor berpolaritas dan kapasitor non-polaritas, berikut simbol kapasitor polaritas dan kapasitor non-polaritas.

Gambar. Simbol Kapasitor Berpolaritas Dan Kapasitor Non-Polaritas.


B. STRUKTUR KAPASITOR.
Kapasitor terbuat dari 2 konduktor plat metal (elektroda) yang dipisahkan oleh bahan dielektrik (keramik, gelas, vakum, kertas, mika, udara dan lain-lain) pada tiap bahan konduktor (keping). Di elektrik adalah bahan isolator yang disisipkan dalam ruang antara keping-keping sebuah kapasitor yang berfungsi menghambat aliran arus antar platnya. Berikut ini gambar struktur kapasitor.
Gambar. Struktur Kapasitor.

Zat dielektrik yang digunakan untuk menyekat kedua elektroda berfungsi untuk membedakan jenis-jenis kapasitor. Dipasaran  terdapat beberapa bahan dielektrik antara lain kertas, mika, palstik cairan dan lain-lain.Kekuatan dielektrik adalah kuat medan listrik maksimun yang dapat dihasilkan dalam dielektrik sebelum dielektrik tersebut tembus/rusak dan mulai berubah menjadi konduksi (menghantarkan muatan listrik). 

C. PRINSIP KERJA KPASITOR.
      Jika kedua ujung elektroda {konduktor} dihubungkan dengan sumber tegangan listrik {lihat Gambar Struktur Kapasitor} maka muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki {elektroda} dan pada saat yang sama muatan-muatan negative terkumpul pada salah satu kaki elektroda yang satu lagi dan negatif akan terkumpul pada kedua ujung berlainan tersebut. Muatan positif tidak dapat mengalir ke ujung kutub negatif sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju ke ujung kutub positif karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif. Muatan elektrik ini tersimpan selama kedua ujung elektroda tidak terhubung (konslet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar