Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian LDR

LDR

Resistor atau hambatan adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi atau mengatur arus yang mengalir pada sebuah rangkaian, dengan resistor arus listrik dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis resistor yaitu resistor tetap, resistor tidak tetap, resistor termistor dan resistor LDR.

A. PENGERTIAN LDR.
LDR {Light Dependent Resistor } adalah salah satu jenis resistor yang nilai resitansinya akan berubah seiring intensitas cahaya yang diterima oleh komponen tersebut berubah. Dalam keadaan gelap hambatan LDR ± 10 MΩ dan dalam keadaan terang hambatan LDR ± 1 KΩ.
LDR tidak digunakan dalam keadaan perubahan intensitas cahaya berubah secara drastic, LDR sering digunakan sebagai sensor cahaya seperti lampu taman atau penerangan lampu jalan.Berikut ini contoh bentuk fisik LDR {gambar 1} dan simbol LDR {gambar 2}.


B.  KONSTRUKSI LDR.
LDR terbuat dari bahan semikonduktor cadmium sulfide yang berbentuk cakram tediri dari 2 buah elektroda pada permukaannya. LDR konstruksinya terdiri dari beberapa bagian, berikut ini gambar konstruksi LDR {gambar 3} :


1.  Cadmium Sulphida Wire { Bahan semikonduktor photoconductive pada permukaan LDR }yang berbentuk garis atau jalur melengkung menyerupai bentuk kurva.
2.  Glass Cover { Lapisan bening pada seluruh permukaan LDR }.
3.  Kontak Elektroda.
4. Badan LDR { Terbuat dari metal/plastic/keramik }.
5.  Kaki Terminal LDR.

C.  PRINSIP KERJA LDR
Ketika cahaya mengenai jalur sulphida { lihat gambar 3 } maka energi proton dari cahaya akan diserap sehingga terjadi perpindahan elektron dari band valensi ke band konduksi. Akibat perpindahan elektron tersebut mengakibatkan hambatan dari cadmium sulphida berkurang sehingga banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat.
Pada saat cahaya terang banyak elektron yang lepas dari atom bahan semikonduktor, sehingga akan lebih banyak elektron bebas yang mengangkut muatan listrik. Pada kondisi ini LDR menjadi konduktor yang baik karena memiliki hambatan yang kecil.
Sedangkan saat cahaya redup atau gelap elektron yang lepas sedikit sehingga hanya sedikit elektron bebas yang mengangkut muatan listrik. Pada kondisi ini LDR mempunyai hambatan yang besar sehingga menjadi konduktor yang buruk.


D.  KARAKTERISTIK LDR.
Karekteristik LDR dapat dilihat jika cahaya mengenai LDR maka hambatan akan berkurang. Perubahan yang dihasilkan tergantung dari bahan yang digunakan serta dari cahaya yang mengenainya. Gambar dibawah berikut merupakan gambar karakterisitk LDR {gambar 4 }.



Karateristik LDR ada 2 macam yaitu : Laju Recovery dan Respon Spektral
1. Respon Recovery.
Jika sebuah LDR dipindah dari ruangan dengan level kekuatan cahaya tertentu ke dalam suatu ruangan yang gelap sekali. Nilai hambatan LDR tidak akan segera berubah, akan tetapi setelah mengalami selang waktu tertentu, perubahan hambatan ini ditulis dalam KΩ/detik. Untuk LDR bertipe arus nilainya lebih besar dari 200K/detik { selama 20 menit pertama mulai dari cahaya 100 lux } kecepatan tersebut akan tinggi dari sebaliknya yaitu 400 lux dalam waktu kurang dari 10 ms.
2. Respon Spektra.
LDR mempunyai sensivitas yang berbeda untuk setiap panjang gelombang cahaya yang jatuh padanya/warna. Bahan yang sering digunakan sebagai penghantar arus listrik yaitu tembaga, almunium, baja, emas dan perak. Karena mempunyai daya hantar yang lebih baik tembaga lebih sering digunakan daripada bahan lainnya.

2 komentar: