Selasa, 31 Juli 2018

Kapasitor Menurut Ketetapan Nilainya

KAPASITOR MENURUT KETETAPAN NILAINYA

Kapasitor atau biasanya disebut juga kondensator adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik di dalam medan listrik dalam waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor dilambangkan dengan huruf “ C “ dengan satuan Farad {F}. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor.
Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor.

Kapasitor ada beberapa macam dan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kapasitor menurut bahan dielektrikumnya, kapasitor menurut polaritasnya dan kapasitor menurut ketetapan nilainya.

JENIS KAPASITOR MENURUT KETETAPAN NILAINYA
Menurut ketetapan nilainya kapasitor dibedakan menjadi 2 yaitu kapasitor tetap atau permanen dan kapasitor tidak tetap atau Variabel Condesator {Varco}.

1. Kapasitor Tetap.
Kapasitor tetap atau permanen adalah kapasitor yang mempunyai nilai kapasitansi tetap/permanen {tidak dapat dirubah-rubah}dengan toleransi tertentu. Nilai kapasitansinya tidak akan berubah selama pemakain kecuali terjadi kerusakan. Ada beberapa macam jenis kapasitor tetap yaitu Kapasitor Electrolit {EL - CO}, Kapasitor Tantalum, Kapasitor Keramik, Kapasitor Polyester Film, Kapasitor Polystyrene Film, Kapasitor Polypropiline, Kapasitor Mika, Kapasitor Kertas dan lain-lain. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor tetap :

Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor Tetap.

2. Kapasitor Tidak Tetap.
             Kapasitor tidak tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diatur atau dirubah-rubah. Biasanya nilai kapasitansinya diubah dengan mengatur besarnya dielektrikum atau besarnya luas penampang dari plat konduktor. Ada 2 jenis kapasitor tidak tetap yaitu kapasitor trimer dan kapasitor variable atau Varco { Variable Capasitor }.

a. Kapasitor Trimer.
Trimer adalah salah satu jenis kapasitor tidak tetap yang memiliki bentuk lebih kecil dari pada varco, sehingga memerlukan alat seperti obeng untuk dapat memutar poros pengaturnya. Trimmer terdir dari 2 pelat logam yang dipisahkan oleh selembar mika dan juga terdapat sebuah sekerup yang mengatur jarak kedua plat logam tersebut sehingga nilai kapasitansinya menjadi berubah. Nilai kapasitansi Trimer maksimal hanya 100 pF, berikut contoh bentuk fisik dan simbol Trimer.
Gambar. Bentuk Fisik dan Simbol Trimer.

b. Kapasitor Variabel {Varco}.
            Varco atau kapasitor variable adalah salah satu jenis kapasitor tidak tetap yang nilai kapasitansinya dapat diubah dengan cara memutar as kekanan atay kekiri pada badan kapasitor menggunakan tangan. Kapasitor jenis ini dielektriknya menggunakan udara. Varco biasanya digunakan pada pemancar atau penerima radio sebagai pemilih gelombang, mengatur frekuensi resonansi dari penguat RF dan menentukan frekuensi output rangkaian osilator. Nilai kapasitansi Varco sekitar 100 pF – 500 pF, berikut contoh bentuk fisik dan simbol Varco.

Gambar. Bentuk Fisik dan Simbol Varco.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar