Minggu, 29 Juli 2018

Transistor NPN & PNP

TRANSISTOR NPN DAN PNP

Transistor NPN dan PNP merupakan 2 jenis transistor BJT {Bipolar Junction Transistor}, transistor BJT  adalah jenis transistor yang memiliki tiga kaki, yaitu (Basis, Kolektor, dan Emitor). Fungsi dari kaki-kaki transistor tersebut adalah :
  • Kaki Emitor artinya pemancar, berfungsi menimbulkan elektron-elektron dan sebagai pintu masuk arus positif {+} atau pembawa muatan berasal.
  • Kaki Kolektor artinya pengumpul, berfungsi menyalurkan electron-elektron keluar dari transistor dan sebagai pintu keluarnya hasil pengolahan transistor yang berupa frekuensi dan getaran listrik satu fasa {searah} atau penampung muatan yang berasal dari emitor.
  • Kaki Basis artinya dasar, berfungsi mengatur gerakan elektron dari emitor yang keluar melalui kolektor dan juga sebagai kemudi atau pengendali dan sebagai pintu masuknya sinyal.

A.    SIMBOL TRANSISTOR PNP DAN NPN.
Simbol transistor PNP dan NPN dapat dibedakan walaupun hampis sama. Untuk tipe transistor PNP simbolnya memiliki ciri berupa tanda panah mengarah kedalam lingkaran. Sedangkan Untuk tipe transistor NPN simbolnya memiliki ciri berupa tanda panah mengarah keluar lingkaran. Seperti pada gambar dibawah berikut ini :




B.     BAHAN PEMBENTUKAN TRANSISTOR PNP DAN NPN.
Jika kedua bahan semikonduktor jenis PN dan NP dipertemukan, maka akan terbentuklah bahan baru yang disebut transistor dengan 2 kemungkinan sebagai berikut :
  • Jika yang dipertemukan bahan jenis N-nya {lihat gambar dibawah}, maka akan diperoleh transistor jenis PNP. Transistor PNP pada dasarnya adalah 2 dioda yang kedua kaki anodanya dipertemukan menjadi kaki basis transistor.


Gambar. Peyusunan Bahan Transistor PNP.

  • Jika yang dipertemukan bahan jenis P-nya {lihat gambar dibawah}, maka akan diperoleh transistor jenis NPN. Transistor PNP pada dasarnya adalah 2 dioda yang kedua kaki katodanya dipertemukan menjadi kaki basis transistor.

Gambar. Peyusunan Bahan Transistor NPN.

Sehingga dikenal 2 jenis transistor yaitu jenis PNP dan NPN, yang mempunyai sifat berkebalikan walaupun prinsip kerja kedua jenis transistor adalah sama.


C.    PRINSIP KERJA TRANSISTOR PNP DAN NPN
Prinsip kerja transistor PNP adalah arus mengalir dari emitor menuju kolektor. Dibandingkan NPN, pada PNP terjadi hal sebaliknya ketika arus mengalir pada kaki basis, maka transistor tidak bekerja. Arus akan mengalir apabila kaki basis diberi sambungan ke ground (-) hal ini akan menginduksi arus pada kaki emitor ke kolektor. Jika basis dihubungkan diberi tegangan maka arus basis harus lebih kecil dari arus yang mengalir dari emitor ke kolektor. Penggunaan transistor jenis ini mulai jarang digunakan. Dibanding dengan NPN, transistor jenis PNP mulai sulit ditemukan dipasaran. Transistor jenis PNP adalah transistor negatif dimana akan dapat bekerja mengalirkan arus listrik jika basis dialiri arus negative (-) dan mempunyai lapisan semikonduktor sebagai berikut :
  • Pada Emitor          = Semikonduktor yang dipakai adalah negatif.
  • Pada Basis             = Semikonduktor yang dipakai adalah positif.
  • Pada Kolektor       = Semikonduktor yang dipakai adalah negative.
Prinsip kerja transistor NPN adalah arus mengalir dari kolektor menuju emitor. Jika basis dihubungkan diberi tegangan maka arus basis harus lebih kecil dari arus yang mengalir dari kolektor ke emitor. Untuk mengalirkan arus tersebut dibutuhkan sambungan ke sumber positif (+) pada kaki basis. Ketika basis diberi tegangan, hingga dititik saturasi, maka akan menginduksi arus dari kaki kolektor ke emitor. Dan transistor akan aktif jika arus yang melalui basis berkurang, maka arus yang mengalir pada kolektor ke emitor akan berkurang, hingga titik cutoff. Penurunan ini sangatlah cepat karena perbandingan penguatan yang terjadi antara basis dan kolektor melebihi 200 kali. Transistor jenis NPN adalah transistor positif dimana akan dapat bekerja mengalirkan arus listrik jika basis dialiri arus positf (+) dan mempunyai lapisan semikonduktor sebagai berikut :
  •  Pada Emitor          = Semikonduktor yang dipakai adalah positif.
  • Pada Basis             = Semikonduktor yang dipakai adalah negatif.
  • Pada Kolektor       = Semikonduktor yang dipakai adalah positif

4 komentar: