Selasa, 31 Juli 2018

Sensor Pasif Dan Sensor Aktif

SENSOR PASIF DAN SENSOR AKTIF

Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya  perubahan lingkungan fisik atau kimia, cara kerja sensor dipengaruhi oleh tujuan sensor tersebut tetapi masih mempunyai kesamaan yaitu mendeteksi perubahan atau kejadian dilingkungan sekitar. Sensor merupakan ekivalen mata, pendengaran, hidung dan lidah pada suatu sistem pengendalian dan sistem pengukuran.
Menurut aktifitasnya yang didasarkan pada konversi sinyal yang dilakukan dari besaran bukan listrik ke besaran sinyal listrik, sensor dibedakan menjadi 2 yaitu sensor pasif dan sensor aktif. Pengetahuan sensor pasif dan sensor aktif sangat penting, karena menyangkut tindakan apa yang akan diberikan terhadap sistem. Berikut ini gambar diagram klasifikasi sensor pasif dan aktif sesuai dengan fungsinya :



Gambar. Diagram Klasifikasi Sensor Pasif Dan Sensor Aktif.

Sensor Pasif
Sensor pasif adalah sensor yang tidak membutuhkan sumber energi tambahan dan secara langsung mengeluarkan sinyal elektrik untuk merespon rangsangan. Dengan kata lain energi pada rangsangan oleh sensor menjadi sinyal output. Berikut ini beberapa contoh sensor pasif yaitu microphone. 

 Sensor Aktif.
 Sensor aktif adalah sensor yang membutuhkan sumber energi tambahan untuk bekerja. Sumber energi luar biasanya disebut sinyal eksitasi {excitation signal}, sinyal tersebut oleh sensor dimodifikasi untuk memproduksi sinyal output. . Berikut ini beberapa contoh sensor pasif yaitu termokopel, piezoelectric, fotodioda, dan generator.

4 komentar:

  1. Kak aku mau nanya, sensor ultrasonik itu termasuk dalam kategori sensor aktif atau sensor pasif ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktif karena sensor ultrasonik membutuhkan energi agar berfungsi

      Hapus