Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Aktuator

AKTUATOR
Pada sistem pengaturan atau pengendalian kebanyakan sinyal kontrol yang dihasilkan oleh kontroler tidak cukup kuat dayanya untuk menggerakan sehingga diperlukan aktuator. Aktuator merupakan peralatan mekanis untuk menggerakkan atau mengontrol sebuah sistem atau mekanisme. Dalam simulasi aktuator cenderung dibuat linier tapi aktuator riilnya cenderung non-linier. Berikut ini gambar blok diagram sistem dengan aktuator :



Gambar. Blok Diagram Sistem dengan Aktuator.

PENGERTIAN AKTUATOR.
Aktuator  artinya penggerak, dalam pengertian elektronika/listrik alat elektromekanik yang mengubah sinyal listrik menjadi gerakan mekanis untuk mengontrol sistem atau mekanisme. Dalam sistem kendali industri, aktuator adalah peralatan piranti keras yang mengrubah sinyal perintah kontroler kedalam parameter fisik biasanya mekanik seperti perubahan posisi atau perubahan kecepatan. Pada dasarnya aktuator itu transduscer karena merubah satu besaran fisik misalnya arus lsitrik kedalam besaran listrik fisik yang lain misalnya kecepatan rotasi motor listrik.

FUNGSI AKTUATOR.
Pada sistem pengendalian aktuator berfungsi untuk menguatkan sinyal kontrol yang berasal dari kontroler menjadi sinyal baru dengan daya yang besar dan sesuai dengan daya yang dibutuhkan.

KLASIFIKASI AKTUATOR.
Berdasarkan daya yang dihasilkan aktuator diklasifikasikan menjadi 4 yaitu : aktuator elektrik, mekanik, hidrolik dan pneumatic.

1. AKTUATOR ELEKTRIK.
Aktuator Elektrik merupakan aktuator yang mempunyai prinisp kerja mengubah sinyal elektrik menjadi gerakan mekanik. Aktuator jenis ini termasuk peralatan linier { output bergeser secara linier } Berikut ini jenis-jenis aktuator elektrik dan gambar contoh aktuator elektrik : 


Gambar. Aktuator Elektrik.

➢ Solenoid
Solenoid adalah katup yang dikendalikan dengan arus listrik baik AC maupun melalui kumparan/selenoida  Penjelasan lebih lanjut tentang Solenoid klik disini…..

➢ Motor Stepper.
            Motor Stepper adalah motor yang begerak berdasarkan urutan urutan pulsa yang diberikan. Didalamnya ada perangkat elektromekanis yang bekerja dengan mengubah elektronis menjadi gerakan mekanis diskrit. Oleh karena itu untuk menggerakkan motor stepper diperlukan pengendali motor stepper yang ,membangkitkan pulsa-pulsa periodik…. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor Stepper klik disini…..

➢ Motor DC.
Motor DC adalah mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah menajdi energi mekanik atau gerak. Bagian utama motor DC adalah stator dan rotor, dimana kumparan medan pada motor dc disebut stator { bagian yang tidak berputar } dan kumparan jangkar disebut rotor {bagian yang berputar}. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor DC klik disini…..

➢ Brushles DC-Motors.
            Motor Brushless DC adalah atau motor DC tanpa sikat adalah suatu jenis motor-sinkron, dimana medan magnet yang dihasilkan oleh stator dan medan magnet yang dihasilkan oleh rotor berputar di frekuensi yang sama. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor Brushless DC klik disini…

➢ Motor Induksi
Motor Induksi adalah motor listrik yang bekerja berdasarkan induksi electromagnet, motor jenis ini memiliki sebuah sumber eenrgi listrik yaitu di sisi stator sedangkan sistem kelistrikan disisi rotornya di induksikan melalui celah udara dari stator dengan media elektromagnetik. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor Induksi klik disini…

➢ Motor Sinkron.
            Motor Sinkron adalah motor AC bekerja pada kecepatan tetap pada sistem frekuensi tertentu. Motor jenis ini memerlukan arus DC untuk pembangkitan daya dan memiliki torsi awal yang rendah. Motor jenis  ini sering digunakan pada ssitem yang menggunakan banyak listrik. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor Sinkron klik disini…

➢ Motor Servo.
            Motor Servo adalah sebuah perangkat atau aktuator putar {motor} yang dirancang dengan sistem kontrol umpan balik loop tertutup {servo}, sehingga dapat di set-up atau di atur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari poros  output motor. Motor jenis ini terdiri dari motor DC, serangkaian gear, rangkaian kontorl dan potensiometer. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor Servo klik disini….
➢ Motor AC.
            Motor AC adalah sebuah motor yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak, motor jenis ini tidak terpengaruh kutub positif maupn kutub negatif dan bersumber tenaga listrik bolak-balik {AC}. Penjelasan lebih lanjut tentang Motor AC klik disini….

➢ Relay.
            Relay adalah peralatan kontorl elektromagnetik yang dapat mengaktifkan dan mematikan kontaktor. Di dalamnya terdapat kumparan yang akan menggerakkan kontak membuka atau menutup jika kumparan diberi aliran listrik. Penjelasan lebih lanjut tentang Relay klik disini…….

2. AKTUATOR HIDROLIK.
Aktuator hidrolik adalah aktuator yang menggunakan fluida dalam bentuk cairan sebagai pemacu gerakannya. Aktuator jenis ini peralatan memiliki torsi yang besar tetapi responnya cukup lambat dan jika gaya yang dibutuhkan besar. Penjelasan lebih lanjut tentang Aktuator Hidrolik klik disini… dan berikut ini contoh gambar Aktuator Hidrolik :


Gambar. Aktuator Hidrolik.
3. AKTUATOR PNEUMATIK.
Aktuator pneumatik adalah aktuator yang menggunakan udara sebagai pemicu gerakannya. Sifatnya sukar dikendalikan tetapi memiliki respon yang lebih cepat. Prinsip kerja pneumatik menggunakan perbedaan volume udara yang ditekan atau dimampatkan untuk membangkitkan tekanan pada piston. Penjelasan lebih lanjut tentang Aktuator Pneumatik klik disini… dan berikut ini contoh gambar Aktuator Pneumatik :


Gambar. Aktuator Pneumatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar