Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Elektronika Digital

LEKTRONIKA DIGITAL

Istilah digital menjadi bagian dari perbendaharaan kata kita sehari-hari. Sistem elektronika digital telah menjadi sedemikian luas hampir semua bidang kehidupan dari computer, piranti otomatis, robot, transportasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa, ilmu teknologi kedoteran dan banyak lagi.

A. PENGERTIAN ELEKTRONIKA DIGITAL.
Elektronika digital adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang sistem elektronik yang menggunakan sinyal digital, dari gerbang logika dasar hingga sistem pemrosesan sinyal digital. Sinyal digital didasarkan pada sinyal yang bersifat terputus-putus. Biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan {ON} dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan{OFF}. Berikut ini contoh gambar sinyal atau isyarat digital
Gambar. Sinyal/Isyarat Digital.

B. GERBANG LOGIKA
Dalam sistem elektronika digital, penyusunan sebuah komponen atau rangkaian digital tidak dapat dilepaskan dari gerbang logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan input yang tunggal. Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip-prinsip sistem bilangan biner dengan mengunakana teori aljabar Boolean, yaitu bilangan yang hanya memiliki kode simbol yakni 0 dan 1.
Dasar pembentukan gerbang logika adalah table kebenaran {truth table}, table kebenaran merupakan tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input{masukan} yang menghasilkan Output {keluaran} Logis. Gerbang logika dibagi menjadi 2 yaitu 

  • Gerbang Logika Dasar adalah gerbang atau blok dasar untuk membentuk rangkaian atau sistem digital yaitu AND, OR dan NOT 
  • Gerbang Logika Turunan adalah gerbang logika yang merupakan turunan dari gerbang logika dasar yaitu NAND, NOR, XOR dan XNOR

C. SISTEM  DAN RANGKAIAN DIGITAL.

Dalam ilmu elektronika digital dikenal istilah sistem digital dan rangkaian digital, berikut ini penjelasannya
1. Sistem Digital.
Sistem digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunnya melakukan pengolahan sinyal digital. Sistem digital terdiri dari beberapa rangkaian digital atau logika, komponen elektronika dan elemen gerbang logika untuk suatu tujuan pengalihan tenaga atau energy.
2. Rangkaian Digital.
Rangkaian digitl adalah kesatuan dari komponen-komponen elektronika pasif dan aktif yang membentuk suatu fungsi pemrosesan sinyal digital. Komponen pasif dan aktif itu membentuk elemen logika, bentuk elemen logika terkecil adalah gerbang logika.
3. Perbedaan Sistem dan Rangkaian Digital.
Sistem digital dan rangkaian digital mempunyai 3 perbedaan yaitu sebagai berikut :

  • Bagian-bagiannya, Rangkaian digital terdiri dari beberapa gerbang logika sedangkan sistem digital terdiri dari beberapa rangkaian digital, gerbang logika dan komponen lainnya. 
  • Inputnya, Rangkaian digital berupa sinyal digital sedang sistem digital berupa tenaga atau energi. 
  • Outputnya,Rangkaian digital berupa sinyal digital yang merupakan fungsi pemrosesan sinyal digital sedang sistem digital berupa tenaga atau energi yang merupakan fungsi pengalihan tenaga atau energi.

D. REPRESENTASI DIGITAL
Reprensentasi digital adalah suatu cara untuk merepresentasi atau menampilkan kuantitas fisik dengan bilangan biner. Penunujukan digital hanya dapat memiliki nilai diskrit tertentu dan kuantitas digital yang diwakili secara tidak proposional akan tetapi oleh lambang yang disebut digit. Diskrit adalah suatu proses pemisahan kedalam segmen atau bagian menjadi sebuah deretan nilai yang tidak kontinyu. Contohnya Jam Digital menampilkan format waktu dalam bentuk digital.

1 komentar: