Minggu, 29 Juli 2018

Tipd & Trik Memilih Kulkas Agar Awet

TIPS & TRIK CERMAT MEMILIH KULKAS AGAR AWET

            Mengganti kulkas lama dengan kulkas yang baru adalah keputusan tepat, karena akan menghemat komsumsi energy listrik dirumah. Kulkas lama cenderung boros listrik dan kualitasnya kerjanya tidak sebagus kulkas baru. Kulkas atau lemari es merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting, mengingat fungsinya yang dirasakan setiap saat dan masa pakai kulkas yang terhitung lama, maka pemilihan kulkas tidak bias dilakukan sembarangan.
            Perhatikan berbagai aspek dan fitur (kelengkapan) yang dimiliki sebuah kulkas sebelum membelinya. Pastikan fitur-fitur dan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan, cari tahu ketahanannya agar usia kulkas bisa bertahan lama. Berikut hal-hal perlu dipertimbangkan sebelum membeli kulkas :
A.    Kapasitas Kulkas.
Penting untuk menyesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan, kalau kapasitasnya terlalu besar itu berarti pemborosan harga dan daya listrik. Setiap rumah membutuhkan kapasitas kulkas yang berbeda disesuaikan dengan jumlah penghuninya. Jika memiliki keluarga besar ( > 4orang ) yang rutin berbelanja bulanan ada baiknya memilih kulkas berkapasitas besar. Kulkas berkapasitas besar akan member efisiensi jika dikemudian hari kebutuhan meningkat tidak perlu membeli kulkas yang baru.
Sebaliknya jika kurang 4 orang atau keluarga kecil dan ukuran rumah tidak memiliki cukup ruang untuk meletakkan kulkas berukuran besar pilihlah kulkas berkapasitas kecil atau sedang sudah cukup.
B.     Kulkas Hemat Listrik.
Kulkas adalah alat elektronik yang 24 jam hidup. Pilihlah fiturnya sesuai kebutuhan kulkas terbaru memiliki banyak fitur, misalnya bebas bunga es (frost free), ramah lingkungan (eco green), water dispenser, automatic icemaker, roller, rak tambahan, automatic ice maker, display digital dan energy saver .
Pilihlah kulkas yang hemat listrik dan ramah lingkungan, karena akan lebih hemat dalam tagihan biaya listrik, selain tagihan listrik tidak membengkak, alat elektronika lainnya juga tetap bias digunakan meski kulkas menyala sehari-hari. Salah satu fitur yang menjajikan konsumsi listrik yang sedikit tapi mendapatkan suhu dingin adalah energy saver

C.    Jenis dan Ukuran Kulkas.
Dipasaran ada banyak beragam jenis kulkas yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kulkas secara umum dibagi menjadi 2 yaitu :
·         Kulkas dengan freezer ( ruang pembeku ).
·         Kulkas non freezer ( all refrigerator model ) yang unggul dalam hal kapasitas penyimpanan.
Untuk  kebutuhan keluarga biasanya memilih kulkas yang memiliki freezer sedangkan kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan, 1 pintu, 2 pintu atau multidoor.
Kulkas jenis multidoor memiliki kapasitas yang lebih besar, kulkas jenis ini juga memungkinkan untuk menyimpan segala makanan dalam kondisi optimal. Karena kulkas multidoor memiliki kompartmen khusus untuk kebutuhan tertentu. Seperti, area soft freezing yang cocok untuk penyimpanan daging dan ikan, fitur ini cocok untuk membuat makanan hanya sedikit beku sehingga mudah untuk langsung diolah.

D.    Desain dan Bahan Menarik.
Jangan mengabaikan perihal desain, warna dan material kulkas saat hendak membelinya karena tampilan kulkas yang menarik dapat membuat suasana dapur anda menyenangkan. Pilihlah desain sesuai selera tetapi jangan lupa pula untuk tetap mempetimbangkan kualitas kulkas. Desain warna dan material yamng senada dengan gaya interior dapur anda pasti membuatnya terlihat elegan dan menyatu dengan keseluruhan dapur.
Bahan baku  akan menentukan menentukan umur kulkas. Pilih material dari bahan PCM (Pre-Coated Material) yang mengkilap, anti gores, anti karat dan mudah dibersihkan agar lemari es tahan lama.
E.     Sesuaikan Harga.
Sesuaikan dana dengan kemampuan dan kebutuhan, karena harga kulkas dipasaran bervariasi sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Kulkas adalah investasi jangka panjang, dengan menyisihkan bujet lebih mendapatkan kulkas berdesain menarik dan member manfaat untuk membuat aktivitas dapur lebih meyenangkan.
F.     Garansi.
Pemilihan produk bergaransi sangat penting, karena untuk meminimalisir terjadinya kerugian saat kulkas mengalami kerusakan. Pilihlah kulkas bergaransi resmi dan berjangka waktu yang cukup lama (missal lebih dari 2tahun).Jika kulkas terjadi kerusakan dan garansi masih berlaku, tentu tidak ada biaya tambahan untuk melakukan perbaikan atau servis didealer resminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar