Selasa, 31 Juli 2018

Kapasitor Menurut Polaritasnya

JENIS KAPASITOR MENURUT POLARITASNYA

Kapasitor atau biasanya disebut juga kondensator adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik di dalam medan listrik dalam waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor dilambangkan dengan huruf “ C “ dengan satuan Farad {F}. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor. 

Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor.

Kapasitor ada beberapa macam dan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kapasitor menurut bahan dielektrikumnya, kapasitor menurut nilainya dan kapasitor menurut polaritasnya.

JENIS KAPASITOR MENURUT POLARITASNYA
Menurut polaritasnya kapasitor dibedakan menjadi 3 yaitu kapasitor non-polar, kapasitor polar dan kapasitor bi-polar.

1. Kapasitor Non Polar.
Kapasitor non polar adalah kapasitor yang tidak memiliki polaritas pada kedua elektrodanya dan tidak perlu dibedakan kaki dalam pasangannya sehingga pemasangannya bisa bolak-balik. Biasanya kapasitor jenis ini mempunyai nilai kapasitansi yang kecil, yang termasuk kapasitor polar adalah kapasitor milar, keramik, polyester, mika dan lain-lain. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor non polar.


Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor Non Polar.

2. Kapasitor Polar.
Kapasitor polar adalah kapasitor yang memiliki polaritas positif {+} dan negatif{-}, dalam pemasangannya harus diperhatikan dengan benar polaritasnya dan tidak boleh terbalik karena bisa terbakar atau meledak. Biasanya kapasitor jenis ini mempunyai nilai kapasitansi yang besar, yang termasuk kapasitor polar adalah kapasitor yang bahan dielektrikumnya terbuat dari elektrolit dan tantalum. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor polar.

Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor Polar.

3. Kapasitor Bi-Polar.
Kapasitor Bi-Polar adalah kapasitor yang mitip dengan kapasitor non polar tapi beda karena pemasangannya bisa dibalik, karena kapasitor bi-polar mempunyai 2 polaritas { + dan - }. Kapasitor jenis ini dibuat dengan teknik pembuatan kapasitor tanpa polaritas tetapi bahannya dielektrikumnya elektrolit. Biasanya kapasitor bipolar dibadannya terdapat tanda yaitu tanda “ BP “. Berikut ini contoh bentuk fisik kapasitor bi-polar.


Gambar. Bentuk Fisik Kapasitor Bi-Polar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar