Selasa, 31 Juli 2018

Rangkaian Dasar Kontrol Motor Listrik

RANGKAIAN DASAR KONTROL  MOTOR LISTRIK

Kata kontrol mempunyai arti mengendalikan atau mengatur, jadi kontrol motor listrik adalah mengendalikan atau mengatur motor listrik. Rangkaian kontrol motor listrik umumnya digunakan dalam dunia industri. Mesin-mesin pada industry memiliki rangkaian-rangkaian kontrol motor listrik dari yang sederhana sampai rangkaian kontrol motor listrik yang kompleks.
Rangkaian dasar kontrol motor listrik terdiri dari 3 bagian yaitu rangkaian utama, rangkaian kontorl dan rangkaian pengawatan.

A. RANGKAIAN UTAMA.
Rangkaian utama adalah gambaran rangkaian beban dan kotak-kontak utama kontraktor serta kontak breaker dan komponen pengaman TOR {Thermal Over Load} yang dihubungkan ke arus beban

Gambar. Rangkaian Utama.
B. RANGKAIAN KONTROL.
Rangkaian kontrol adalah rangkaian untuk pengatur operasi kontaktor dan relai atau pengaturan arus pengoperasian kumparan operasi kontaktor dan kumparan pengaktif relai melalui kontak bantu dan kontak relai. Terdiri dari komponen-komponen seperti : tombol-tombol, sensor yang dirangkai sedemikian rupa berdasarkan skema kerja kontraktor yang diharapkan.

 Gambar. Rangkaian Kontrol.
C. RANGKAIAN PENGAWATAN.
Rangkaian pengawatan atau rangkaian power adalah ganbungan dari rangkaian utama dan rangkaian kontrol, dengan kata lain rangkaian lengkap dari rangkaian kontrol motor.

 Gambar. Rangkaian Pengawatan.

2 komentar: