Selasa, 31 Juli 2018

Pengertian Elektronika Daya

ELEKTRONIKA DAYA

Peralatan dan aplikasi di industri yang menggunakan energy listrik berkapsitas besar seperti motor listrik, kompresor, pompa, konveyer, kipas angin, pendingin, pemanas dan lain-lain memerlukan pengaturan. Elektronika daya populer karena berbagai pengaturan secara konvesional tidak dapat memnuhi kebutuhan industri. Pengaturan secara konvesional menimbulkan rugi-rugi yang cukup besar dan tidak efektif sehingga dibutuhkan mekanisme pengaturan yang lebih baik yaitu dengan menggunakan perangkat elektronika.

A. PENGERTIAN ELEKTRONIKA DAYA.
Elektronika daya adalah Ilmu yang mempelajari tentang teknologi elektronika untuk pengendalian dan pengaturan peralatan listrik yang berdaya besar {arus kuat} dengan cara meng- konversi arus, tegangan dan daya listrik. 

B. RUANG LINGKUP DAN PENGUASAAN MATERI ELEKTRONIKA DAYA.
Elektronika Daya mencakup dan menghubungkan berbagai bidang ilmu yang mendasari perkembangn ilmu elektronika daya, ilmu-ilmu tersebut yaitu ilmu elektronika, ilmu tenaga listrik, Ilmu kontrol dan ilmu computer. Secara lengkap ruang lingkup materi bahasan Elektronika Daya seperti pada gambar dibawah berikut ini.
 Gambar. Ruang Lingkup Elektronika Daya.

Untuk bisa menguasai materi Elektronika Daya setidaknya harus memahami 4 sistem yaitu Sistem Elektronika, Sistem Tenaga Listrik, Sistem Kontrol dan Sistem Komputer.

1. Sistem Elektronika.
Sistem elektronika adalah ilmu yang berisi tentang dasar aplikasi ilmu elektronika dasar, yang membahas tentang semikonduktor dan komponen lainnya dalam peralatan elektronika. Untuk mendalami elektronika daya pemahaman pada materi rangkaian elektronika digital ataupun analog.

2. Sistem Tenaga Listrik.
Sistem tenaga listrik adalah ilmu yang membahas tentang besarnya tenaga listrik dalam pada peralatan elektronik, baik itu yang dihasilkan maupun yang dibutuhkan. Obyek atau sasaran utama dalam aplikasi elektronika daya adalah perlatan listrik dan sistem yang memilki daya {tegangan dan arus} listrik yang cukup besar. Karena itu untuk lebih bisa memahami elektonika daya perlu pemahaman yang baik terhadap sistem tenaga listrik.

3. Sistem Kontrol.
Sistem kontrol adalah ilmu yang membahas tentang kemampauan untuk mengontrol atau memanipulasi atau memanipulasi kekuatan yang dihasilkan oleh peralatan elektronika. Biasanya di butuhkan untuk melakukan pengontrolan aplikasi industry seperti panel kontrol, kontrol mesin listrik, kontrol tekanan, kontrol kecepatan motor dan lain-lain. Karena itu diperlukan pemahaman yang baik terhadap teknik dan sistem control berbagai peralatan yang digunakan di industri.

4. Sistem Komputer.
            Sistem komputer adalah ilmu yang membahas pengedalian secara komputer. Aplikasi industri sekarang ini kebanyakan sudah terintegrasi dengan sistem computer untuk mengendalikan peralatan-peralatan industry secara remote dan hasilnya dapat dimonitor. Karena itu untuk  menguasai elektronika daya diperlukan penguasaan sistem computer.

Secara garis besar elektronika daya terbagi menjadi 2 bagian yaitu rangkaian daya dan rangkaian control.
1. Rangkaian Daya adalah rangkaian yang terdiri dari komponen diode, Thyristor dan Transistor Daya
2. Rangkaian Kontrol adalah rangkaian yang terdiri dari diode, transistor dan IC.
Untuk lebih memahami hubungan antara rangkaian daya dan rangkaian control yang terintegrasi menjadi dapat melihat gambar bagan berikut ini :

 Gambar. BaganHubungan Rangkaian Daya dengan Rangkaian Kontrol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar