Senin, 30 Juli 2018

Prinsip Kerja Sistem Pengaturan Suhu Kompor

PRINSIP KERJA SISTEM PENGATURAN SUHU KOMPOR

Kompor listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk memanaskan sesuatu atau untuk memasak makanan dengan sumber tenaga listrik. Kompor  listrik merupakan peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan dalam peralatan pemanas berdaya sedang. Berikut ini contoh bentuk fisik kompor listrik. 


Gambar. Bentuk Fisik Kompor Listrik.

            Kompor listrik mempunyai sistem pengaturan untuk menjaga suhu sesuai dengan dikehendaki/diinginkan secara otomatis.  Prinsip kerja sistem pengaturan suhu kompor listrik dapat dijelaskan sebagai berikut :

1.      Kompor listrik dihidupkan dengan memutar sakelar pengatur { knop pemutar } , pemutaran ini membuat kontak sakelar tertutup { ON } dan dengan sakelar ini pula diatur suhu yang dikendaki.
2.      Ketika kompor listrik ON dengan suhu tertentu, maka arus listrik mengalir ke elemen-elemen pemanas melalui kontak 1 dan kontak 2. Lihat gambar berikut ini.
Gambar. Kompor Listrik Dalam Posisi ON.

3.      Kompor listrik semakin lama semakin tinggi suhunya, peningkatan suhu ini akan dideteksi oleh sensor suhu dan panas disalurkan dari kepala kompor ke membrane pemuaian.
4.      Dengan adanya peningkatan panas dan sampai suhu yang dikehendaki tercapai maka membran akan memuai dan menggerakan poros. Poros akan mendorong kontak 1 dan kontak 2 ke posisi OFF sehingga kompor mati. Lihat gambar dibawah ini.
 

Gambar. Kompor Listrik Dalam Posisi OFF.

5.      Ketika suhu menurun sampai suhu yang dikehendaki membran akan menyusut maka poros kan akan kembali ke posisi semula karena ada tarikan dari pegas, sehingga posisi kontak 1 dan kontak 2 ke posisi ON maka kompor listrik akan kembali hidup.
6.      Demikian proses ini terjadi secara berulang-ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar