Senin, 30 Juli 2018

Kompor Induksi

KOMPOR INDUKSI

Kompor listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk memanaskan sesuatu atau memasak makanan dengan sumber tenaga listrik. Kompor  listrik merupakan peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan dalam peralatan pemanas berdaya sedang atau menengah. Ada beberapa macam jenis kompor listrik yaitu kompor listrik biasa, kompor listrik hot plate, kompor listrik radiasi dan kompor listrik induksi

PENGERTIAN KOMPOR INDUKSI.
Kompor listrik induksi adalah salah satu jenis kompor listrik cara kerjanya menggunakan prinsip induksi atau reaksi magnet untuk menghasilkan panas. Kompor listrik jenis ini panelnya {dudukan } terbuat dari keramik sehingga tidak mengeluarkan panas tetapi masakan bisa cepat matang. Meskipun dipegang dengan tangan tidak akan terasa panas dan hanya menimbulkan efek panas pada dasar logam tempat memasak {panci}. Berikut ini contoh bentuk kompor listrik induksi.


Gambar. Bentuk Fisik Kompor Listrik Induksi.

PRINSIP KERJA KOMPOR INDUKSI.
Kompor listrik induksi mempunyai prinsip kerja berbeda dengan kompor listrik biasa, hot plate dan radiasi yang melalui proses perpindahan panas. Sedangkan kompor listrik induksi menggunakan prinsip induksi melalui reaksi elekromagnetik antara alat masak {terbuat dari logam} dengan area pada kompor listrik untuk menghasilkan/membangkitkan panas.

  • Ketika kompor listrik induksi dihubungkan dengan sumber tegangan listrik dengan frekuensi 50 Hz. Frekuensi 50 Hz diubah menjadi frekuensi tinggi sampai 25 Khz menggunakan konventer dan elemen pengontrol.
  • Listrik arus bolak-balik di alirkan ke kumparan induksi, maka arus mengalir melalui kumparan tersebut.
  • Arus bolak-balik ini membangkitkan garis-garis medan magnet, medan magnet ini selalu berubah mengikuti perubahan arus { AC }.
  • Medan magnet ini memotong alat memasak yang terbuat dari logam { konduktor }.
  • Pada logam akan timbul tegangan/ggl { gaya gerak listrik } induksi.
  • Karena logam tempat memasak merupakan satu kesatuan maka secara kelistrikan sama seperti dihubung singkat karena menerima pengaruh garis gaya magnet. Dan akan timbul arus yang arahnya berputar-putar yang biasa disebut arus pusar atau arus Eddy { Eddy Current }.
  • Arus pusar yang mengalir dalam logam dan pada logam tersebut tetap mengandung resistansi walaupun kecil, yang membangkitkan joule heating {panas} sebesar P = I² X R. Dimana P adalah daya listrik, I adalah arus listrik dan R adalah hambatan. dan panas inilah yang dimanfaatkan untuk memasak. Proser yang berlangsung dinamai pemanasan lewat induksi.

Berikut ini gambar yang menjelaskan prinsip kerja kompor listrik induksi


Gambar. Prinsip Kerja Kompor Listrik Induksi.

Alat memasak untuk kompor listrik induksi harus terbuat dari logam, karena panas yang dibangkitkan oleh kompor listrik jenis ini tergantung dari energi listrik yang dikonversikan ke bentuk panas. Sehingga jika alat memasak tidak terbuat dari logam tidak akan terjadi pemanasan karena tidak ada efek induksi electromagnet pada alat memasak.
Daya kompor akan ditentukan oleh frekuensi listrik yang dialirkan ke kumparan induksi. Semakin tinggi frekuensi akan semakin tinggi daya kompor listrik dan semakin tinggi panas {suhu} kompor listrik.

4 komentar: