Jumat, 13 Mei 2016

Resistor Tidak Tetap

Resistor Tidak Tetap ( Variable Resistor )


              Resistor tidak tetap adalah Resistor yang nilai hambatannya dapat diubah-ubah sesuai dengan besar hambatan dari 0 sampai dengan nilai maksimal hambatan yang tertera. Resistor ini terbuat dari serbuk karton sehingga memiliki kemampuan daya yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan resistor tetap. Resistor tidak tetap ada 2 macam yaitu : 

A. Potensiometer adalah resistor yang nilai hambatannya dapat di ubah dengan cara diputar atau digeser pada tuasnya, pada umumnya perubahan resistansi pada potensiometer terbagi menjadi 2 yakni
  • Potensiometer Linier adalah potensiometer yang perubahan nilai hambatannya sebanding dengan arah putaran pengaturnya, potensiometer linier  dibagian belakang badannya tertera huruf A. 
  • Potensiometer Logarimik adalah potensiometer yang perubahan nilai hambatannya perhitungannya berdasarkan logaritmik, potensiometer linier  dibagian belakang badannya tertera huruf B. Umumnya nilai hamabtannya maksimal potensiometer logaritmik diperoleh ketika telah melakukan setengah kali putaran pengaturnya. sedangkan resitansi minimalnya diperoleh saat pengaturnya berada pada titik nol atau titik maksimal putaran.
Gambar. Simbol Potensiometer.


Gambar Potensiometer Putar & Geser.

B. Trimpot adalah resistor yang nilai hambatannya dapat di ubah seperti potensiometer, karakter dan sifat trimpot hampir sama dengan potensiometer jika potensiometer  bentuknya besar sedangkan trimpot bentuknya realtif kecil. Jika potensiometer mempunyai gagang atau tuas putaran untuk memutar/menggeser sedangkan trimpot tidak mempunyai. Cara untuk mengubah nilai hambatan trimpot memutar lubang tengah menggunakan obeng.

Gambar. Lambang Trimpot



Gambat Trimpot.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar