Minggu, 29 Mei 2016

Relai Jenis SSR



RELAI JENIS SSR

SSR adalah sakelar elektronik yang tidak memiliki kumparan, kontak yang sesungguhnya dan bagian yang bergerak. SSR dibangun dengan isolator untuk memisahkan bagian input dan bagian sakelar. Ada 3 jenis SSR yaitu reed relay coupled, transformer coupled dan optocoupler.


 JENIS-JENIS SSR.

 1. SSR JENIS REED RELAY COUPLED.
         Adalah jenis relai SSR yang sinyal kontrolnya diterapkan (secara langsung, atau melalui Preamplifier) ke kumparan relay yang buluh. Penutupan buluh lalu mengaktifkan sirkuit yang tepat dengan saklar memicu thyristor. Jelas, input-output isolasi dicapai adalah bahwa dari buluh relay, yang biasanya sangat baik. Berikut gambar konfigurasi SSR jenis reed relay coupled :
 
Gambar. Konfigurasi SSR Jenis Reed Relay Coupled.


2. SSR JENIS TRANSFORMER COUPLED. 
          Adalah jenis relai SSR yang sinyal kontrolnya diterapkan (melalui DC-AC converter, jika sudah DC, atau secara langsung, jika itu AC) ke domain utama trafo berdaya rendah, dan sekunder  yang dihasilkan dari eksitasi primer yang digunakan (dengan atau tanpa rektifikasi, amplifikasi, atau lainnya modifikasi) untuk memicu thyristor saklar. Dalam jenis ini, tingkat isolasi input-output tergantung pada desain transformator. Berikut gambar konfigurasi SSR jenis transformer coupled :

 Gambar. Konfigurasi SSR Jenis Transformer Coupled.




3. SSR JENIS OPTOCOUPLER. 
              Adalah jenis relai SSR yang sinyal kontrolnya diterapkan pada sebuah sumber cahaya atau inframerah  (biasanya, sebuah dioda pemancar cahaya atau LED), dan dari sumber yang terdeteksi dalam foto - sensitive semi-conductor (misalnya, sebuah dioda fotosensitif, sebuah foto-sensitif transistor, atau foto-sensitif thyristor). Output dari foto-perangkat sensitif kemudian digunakan untuk  memicu (gerbang) yang TRIAC atau SCR itu aktifkan arus beban. Jelas, satu-satunya yang signifikan "coupling path" antara input dan output adalah cahaya atau sinar infra - radiasi merah, dan isolasi listrik yang sangat baik. “optically coupled” or SSR yang juga disebut sebagai "optikal yang digabungkan" atau Foto terisolasi. Berikut gambar konfigurasi SSR jenis optocoupler.

Gambar. Konfigurasi SSR Jenis Optocoupler.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar