Sabtu, 07 Mei 2016

Resistor Tetap

RESISTOR TETAP


           Resistor Tetap adalah resistor yang nilainya hambatannya tidak dapat diubah-ubah nilanya jadi selalu tetap (konstan). Resistor tetap memiliki kemampuan daya (Watt), besar kecil kemampuan daya resistor untuk dilewati arus tergantung dari bahan pembuatan resistor. Di pasaran ada beberapa jenis resistor tetap antara lain :

a. Resistor Kawat (Wirewound Resistor).
             Resistor Kawat adalah resistor bahan utamannya kawat nikelin yang digulungkan pada batang keramik isolator, nilai hambatan resistor ini tergantung dari panjangnya gulungan kabel. Jenis resistor ini digunakan pertama kali saat rangkaian elektronika masih memakai tabung hampa (vacuum tube). Ukurannya cukup besar dan memiliki bentuk bervariasi. Resistor ini memiliki hambatan yang tinggi dan tahan terhadap panas yang tinggi sehingga banyak dipergunakan pada rangkaian power atau rangkaian yang mempunyai daya menengah keatas. Dipasaran daya yang tersedia adalah 1 Watt, 2 Watt, 5 Watt dan 10 Watt. Sampai sekarang jenis yang masih dipakai adalah jenis yang memiliki lilitan pada bahan keramik yang dilapisi dengan bahan semen.

Gambar. Resistor Kawat (Wirewound Resistor).


b. Resistor Batang Carbon, Resistor Carbon Film & Resistor Metal Film.  
             Resistor carbon film di pasaran paling banyak dijumpai, resistor jenis ini memiliki tingkat toleransi antara 5%-10% dan mempunyai memiliki kemampuan daya 1/8 watt - 4 Watt. Sedangkan resistor metal film  memiliki tingkat toleransi 1%-5% dan memiliki kemampuan daya 1/8 watt-2 watt. Pada resistor jenis karbon maupun metalfilm biasanya digunakan kode-kode warna sebagai petunjuk besarnya nilai resistansi (tahanan) dari resistor. Resistor ini badannya berbentuk seperti tabung dengan 2 kaki di kiri dan kanan terdapat lingkaran membentuk cincin kode warna yang gunanya untuk mengetahui besar resitansi tanpa harus mengukur besarnya dengan ohmmeter. Kode warna tersebut adalah standar manufaktur dari EIA ( Electronic Industries Association ) seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar. Bentuk Fisik Resistor Batang Carbon.



Gambar. Bentuk Fisik Resistor Carbon Film.


Gambar. Bentuk Fisik Resistor Metal Film.

c. Resistor Cement.
            Resistor Semen merupakan jenis resistor berdaya besar dan banyak digunakan pada rangkaian amplifier sound system yang menggunakan daya besar. Resistor jenis ini dipasaran jarang sekali ditemui varian dayanya dibawah 5 watt.

 

Gambar. Bentuk Fisik Ressitor Semen.


d. Resistor Terpadu (R-Pack).
              Desain resistor pack  adalah paket resistor yang didalamnya terdapat sejumlah resistor. Resistor jenis ini dibuat dengan maksud mengurangi jumlah elemen dalam suatu rangkaian elektronika dan meningkatkan kemampuan integrasi suatu rangkaian. Resistor ini memiliki keunikan, kalau pada resistor biasa hanya memiliki 2 kaki, resistor jenis ini memiliki kaki antara 5 - 16 pin.  Tidak ada fungsi khusus pada kaki-kakinya melainkan hanya ada 1 kaki pusat (kaki yang tertanda titik) dan kaki-kaki lainnya terhubung pararel dengan kaki pusat. Resistor Pack ada 2 jenis yaitu
  • SIP  (Single in-line Package) adalah resistor dengan kaki 1 baris. Resistor jenis ini dibuat dengan nilai hambatan sampai dengan 500 KOhm dengan batasan daya mulai dari 125 mW - 200 mW dan lebih sering digunakan dibanding dengan jenis DIP
  • DIP (Dual in-line Package) adalah resistor dengan kaki 2 baris.
 

Gambar. Bentuk Fisik & Konfigurasi Resistor Pack



e. Resistor SMD ( Surface Mounted Device
              SMD merupakan singkatan dari Surface Mounted Device artinya kurang lebih komponen yang menempel dipermukaan solder. Resistor SMD merupakan resistor dengan bentuk kemasan terkecil dibanding kemasan-kemasan lainnya, pemasangannyapun menggunkan standart komponen SMD yakni menempel pada satu sisi pcb saja. Fisiknya kecil, cara pasangnya mudah dan mempunyai kemampuan daya 1 watt sehingga resitor jenis jadi pilihan para produsen yang memproduksi barang-barang elektronik berukuran kecil, proses produksi secara masal seperti pada industri dan penghobi elektronika. Banyak varian untuk resistor jenis ini dari yang terkecil 01005 sampai terbesar 2512, tapi yang terdapat dipasaran hanya 3 varian saja yaitu 1608, 2012 dan 3216. 
               Ada 2 bentuk resistor SMD yang sering digunakan yaitu kotak dan silinder, Bentuk dan cara baca hambatan resistor SMD silinder mirip dengan resistor jenis carbon, carbon film dan metal film. Gambar dibawah ini merupakan bentuk fisik resistor SMD Kotak dan Silinder
                

Gambar. Bentuk Fisik Resistor SMD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar