Kamis, 02 Juni 2016

Pengertian MCB



MCB { Miniature Circuit Breaker }


MCB merupakan salah satu jenis pengaman listrik untuk melindungi atau mengamankan atau mencegah sistem instalasi listrik dari beban arus yang melebihi kemampuannya. Arus yang mengalir pada suatu penghantar akan menimbulkan bahaya listrik seperti bahaya kebakaran akibat darikorselting.

MCB yang dibuat hanya mempunyai satu kutub untuk pengaman satu fasa, sedang untuk pengaman 3 fasa yang memiliki 3 kutub dengan tusa disatukan sehingga jika terjadi gangguan pada salah satu maka kuutb yang lain ikut terputus. 


Gambar. Bentuk Fisik MCB.


MCB 1 fasa biasanya digunakan untuk pengaman instalasi rumah yang sederhana, sedangkan MCB 3 fasa biasa digunakan untuk instalasi rumah yang memiliki PHB sebagai penghubung. Dipasaran biasanya MCB tersedia dengan batasan arus : 2A, 4A, 6A, 10A, 16 A, 20 A, 25A, 32A, 50A dan 63A.

PRINSIP KERJA & KONSTRUKSI MCB
Prinsip dasar kerja MCB adalah untuk memutuskan hubungan rangkaian apabila terjadi konsleting listrik atau beban lebih. MCB mempunyai sifart seperti berikut ini :

  • Arus beban dapat diputuskan bila panas yang ditimbulkan melebihi dari panas yang di izinkan
  • Arus hubung singkat dapat diputuskan tanpa adanya perlambatan
  • Setelah dilakukan perbaikan , maka MCB dapat digunakan kembali.

Gambar. Konstruksi MCB.

FUNGSI MCB.
  • Pemutus Arus. Berfungsi sebagai pemutus arus listrik kearah beban listrik, pemutusan arus ini bisa dilakukan dengan cara manual maupun otomatis. Simbol X dengan garis miring kekiri
  • Proteksi Beban Lebih. Fungsinya akan bekerja jika MCB mendeteksi arus listrik melebihi batas rating-nya. Contohnya MCB rating arusnya 6A mengalir melalui MCB tersebut 7A, maka MCB akan trip dengan delay waktu yang cukup lama. Simbol Kotak dengan sisi terbuka dikiri.
  • Proteksi Hubung Singkat. Fungsinya akan bekerja jika korselting atau hubung singkat arus listrik.
  • Membatasi penggunaan tenaga listrik.
  • Membagi instalasi menjadi beberapa grup, sehingga lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan listrik dan saat terjadi gangguan atau perbaikan pada grup yang satu tidak mengganggu grup yang lainnya.
 
KEUNTUNGAN MCB
  • Dapat memutuskan rangkaian 3 fasa walaupun terjadi hubung singkat pada salah satu fasanya.
  • Mempunyai respon yang baik apabila terjadi hubung singkat atau beban lebih.
  • Dapat digunakan kembali setelah rangkaian diperbaiki akibat hubung singkat atau beban lebih.

JENIS MCB
Berdasarkan Prinsip Kerja.
  • Secara Thermis. MCB jenis ini mempunyai plat Bimetal { perpaduan 2 logam beda koefisien muainya }. Bimetal akan melekung jika terjadi panas yang diakibatkan oleh kelebihan arus listrik, kemudian plat bimetal ini akan menggerakkan tuas pemutus untuk memutuskan arus listrik. MCB Thermis berfungsi untuk mengamankan arus beban lebih,
  • Secara Elektromagnetis.Pemutusan arus listrik berdasarkan elektromagnetik dilakukan oleh koil yang terdapat pada MCB. Saat terjadi hubung singkat koil akan terinduksi dan daerah sekitarnya akan terdapat medan magnet sehingga akan menarik poros dan mengoperasikan tuas pemutus. MCB  Elektromagnetis berfungsi untuk mengamankan jika terjadi hubung singkat.
Berdasarkan penggunaannya dan daerah kerjanya MCB dibagi menjadi 5 jenis  yaitu :
  • Tipe Z. { rating dan breaking capacity kecil }
  • Tipe K. { rating dan breaking capacity kecil }
  • Tipe G. Untuk pengaman motor { Rating Besar }
Jenis otomat ini digunakan untuk mengamankan motor – motor listrik kecil untuk arus bolak-balik dan arus searah, alat – alat listrik dan juga rangkaian akhir besar untuk penerangan, misalnya penerangan bangsal pabrik. Pengaman elektromagnetiknya berfungsi pada 8 In  – 11 I n untuk arus bolak-balik, atau pada 14 In untuk arus searah. Kontak – kontak saklarnya dan ruang, pemadam busur apinya memiliki konstruksi khusus. Karena itu jenis otomat ini dapat memutuskan arus hubung-singkat yang besar, yaitu hingga 1500 A.

  • Tipe L. Untuk pengaman kabel atau jaringan {Rating Besar }
Pada otomat jenis ini pangaman termisnya disesuaikan dengan meningkatnya suhu hantaran. Kalau terjadi beban lebih dan suhu hantarannya melebihi suatu nilai tertentu, elemen dwilogamnya akan memutuskan arusnya. Kalau terjadi hubung singkat, arusnya diputuskan oleh pengaman elektromagnetiknya. Untuk arus bolak-balik yang sama dengan 4 In – 6 In’ dan arus searah yang sama dengan 8 In’ pemutusan arusnya berlangsung dalam waktu 0,2 sekon.

  • Tipe H. Untuk pengaman instalasi penerangan atau bangunan
Secara termis jenis ini sama dengan Otomat-L. tetapi pengaman elektomagnetiknya memtuskan dalam wakti 0,2 sekon, kalau arusnya sama dengan       2,5 In – 3 In utuk arus bolak-balik atau sama dengan 4 In untuk arus searah Jenis otomat ini digunakan untuk instalasi rumah. Pada instalasi rumah, arus gangguan yang rendah pun harus diputuskan dengan cepat. Jadi kalau terjadi gangguan tanah, bagian – bagian yang teruat dari logam tidak akan lama bertegangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar